Limitlove | 02. Frouseago

LIMITLOVE

02 – Frouseago


Frouseago
From House and Go

 

“Yang paling penting buat dilakuin kalo mau pergi main (apalagi sama cowok) yaitu WAJIB IZIN orang tua dan pastikan doi datang menjemput di depan rumah kita, bukan rumah tetangga.”

 

SEJAK sejam lalu gue udah dandan dan pake baju rapi banget hanya karena gue mau pergi sama Ian. Bahkan gue pake lipstick dan blush on loh! Padahal biasanya aja, gue cuman pake pelembab (kalo mood) atau bahkan sama sekali gak pake make up. Bahkan mama, dan adik gue aja sampe bingung sama tingkah gue yang bolak-balik ngadep kaca, terus nanya ke mereka, “aku cantik gak sih?” berulang kali.

“Ngapain sih dari tadi gak bisa diem kayak cacing kepanasan?” tegur Rendra yang udah muak gak ketulungan ngeliat gue.

“Apaan sih, sewot aje lu!” balas gue nyolot. Kemudian gue duduk dan membuka HP untuk melihat kabar terbaru dari Ian. Soalnya sekarang tuh udah jam 6.45, dan Ian bilang jam 7.00 dia mau dateng ke rumah buat jemput gue.

“Maaaaa, nanti keluar ya, Ian mau pamitan.”

Mama cuman diem. Gak ngejawab. Mana mukanya gak woles banget pula. Maklum lah ya, orang tua tuh gitu. Gak suka kalo anak gadisnya diculik sama cowok apalagi pas malem-malem gini. Gak enak juga kan kalo ada tetangga yang liat.

Gue nunggu dengan perasaan gelisah. Nih kok lama amat, apa jangan-jangan Ian gak jadi ke rumah? Gue berdiri, mondar-mandir di depan kaca sekalian ngecek make up gak luntur sambil nungguin Ian dateng. Terus ketika gue ngelongokin kepala ke jendela karena denger ada suara motor, gue langsung heboh-histeris gak jelas karena yang gue liat adalah Ian.

“Ian ih itu Ian! Mah mah mah, keluarrrr!” gue narik tangan mamah supaya mama yang posisinya lagi duduk itu pun berdiri ogah-ogahan.

“Papahmu aja yang dipamiti.”

Gue langsung lari ke ruang makan buat nemuin papah yang lagi makan malem sendirian. “Pah, itu udah dateng, mau pamitan dulu.”

Papah naruh sendoknya lalu ngalihin atensinya ke gue. Ada tanda-tanda papah mau beranjak, tapi urung dan papah malah bilang, “mamah aja lah, papah lagi makan.”

“Tadi mamah nyuruhnya papah.”

“Mamah aja lah.”

Dan akhirnya gue lari nemuin mamah lagi dan bilang ke beliau supaya mau keluar nemuin Ian. Sebenernya ini bukan pertama kalinya Ian dateng jemput gue ke rumah sih, tapi ini pertama kalinya Ian dateng buat pamitan sama orang tua gue karena bawa gue keluar, malem-malem pula. Kata papah sih, “kalo kamu dijemput sama cowok, suruh ketemu sama mamah atau sama papah, minta izin dulu. Terus pas mau pulang juga pamitan. Gak langsung nyelonong aja, gak sopan.”

Akhirnya mamah nemuin Ian dan mereka ngobrol singkat dengan kata-kata terakhir mamah yang berbunyi, “jangan malem-malem ya pulangnya” ke Ian.

Padahal tuh ini acara diskusi tentang pikiran-pikiran Kartini gitu lah. Acara organisasinya Ian gitu. Gue tertarik sama topiknya karena kebetulan banget, gue lagi baca salah satu buku tentang Kartini, yaitu Habis Gelap Terbitlah Terang. Dan alasan kuat gue pengen ikutan acara ini, tentunya karena ada Ian. Gue kangen banget sama dia wkwk.

Begitu sampe di tujuan, gue dibikin takut sama ucapan Ian yang bilang, “Eh, kayaknya Hana juga dateng deh.” Hana itu temen sekelas Ian, yang juga gue kenal walau gak deket. Yah gue worry lah kalo ada anak SMA gue yang juga ada di acara ini. Nanti kalo mereka tau gue berangkat bareng Ian, terus dikira kita ada apa-apa gimana? Padahal ya emang ada apa-apa sih hehe.

Tapiiii begitu gue sama Ian mendekat, ternyata bukan Hana! Gue gak tau dia siapa. Mungkin anak organisasinya Ian. Tapi di sana juga ada Windi, temen deket Ian. Iya ceweklah, namanya aja Windi. Gue suka kesel sih kalo Ian udah sama si Windi ini, bikin pengen ngelerai mereka supaya gak dipertemukan. Soalnya gue bakal ngacang di antara mereka. Padahal kan gue yang ceweknya Ian!

Ian ketemu sama Windi aja, gue udah kayak setan yang gak nampak, ditambah lagi nih yang dateng di acara ini kebanyakan anak organisasinya Ian. Buset deh, bener-bener gak dianggep banget gue. Mereka ngomongin hal sejarah atau politik gitu. Lah, yang gue tau cuman kisah-kisah romantis remaja kayak di novel loh. Gue jarang banget baca buku berbau sejarah (paling ya cuman buku pelajaran) dan politik (apalagi ini, sama sekali gak baca). Alhasil gue banyak diem aja. Gue dengerin pembicara yang ngejelasin tentang Kartini.

“Ketika saya di Papua, ternyata tanggal 21 April itu, anak-anak di sana juga disuruh pakai kebaya. Tapi waktu saya nanya ke mereka, ‘hei, kau tau Kartini?’ apa kalian tau jawabannya? ‘Kartini siapa? Ibu guru suruh pakai baju ini saja saya pakai’ ini! Ini yang membuat miris, mereka disuruh mengikuti upacara dan memakai kebaya, tetapi mereka tak tahu siapa itu Kartini, apalagi pikiran-pikiran Kartini!” dan bla bla bla. Ini menarik banget sih sebenernya, tapi… mata gue pengen merem mulu dari tadi.

“Kenapa?” tanya Ian yang kayaknya nyadar muka gue kusut banget.

“Ngantuk,” jawab gue sambil mandang wajah dia. Dan lo tau gak sih apa balesan Ian?

Ian langsung senyum dan nepuk-nepuk bahunya, “siniihh.”

“Ih, paan sih!” aslinya gue juga pengen kalik, Yan, tapi gak mungkin lah gue mau senderan di bahu lo.  apalagi di tempat rame gini. Mending gue tidur sambil duduk aja.

Diskusi berlanjut sampe jam setengah sepuluh malem. Untung dikasih snack, ada sosis dan ada cabe. Gue makan satu sosis pake tiga cabe biar asik, biar mata bisa melek lagi. Setelah acara selesai, Ian dan temen-temen organisasinya gak langsung bubar. Mereka ngobrolin beberapa hal dulu dan tentunya gue cuman duduk sambil nyimak mereka.

Nyimak, tapi gak tau bahan perbincangannya tuh capek loh dengerinnya. Gue yang ngerasa bosen pun mulai membuka HP, dan hal ini narik perhatian Ian (kayaknya) soalnya dia langsung berhenti ngomong sama Windi dan noleh ke gue.

“Pulang sekarang?”

“Hm?” gumam gue terus gelengin kepala.

“Kalian ini pulang kapan?” tanya Mas Rizki, temennya Ian.

“Kapan, Win?” ini si Ian malah nanya ke Windi. Yang lo anterin entar tuh gue kalik, Yan.

“Lah kapan? Serah aja sih gue.”

“Ela nih, kemaleman gak?”

Gue agak ngerucutin bibir. Gak mau pulang sekarang sebenernya. “sekarang banget nih?”

“Lha kamu ini lho, ayahmu.”

Gue senyum, “kan kamu yang tanggung jawab. Nanti kalo aku kemaleman, kamu yang dimarahin, aku enggak.”

Dan Ian ngehela napas berat. Kebiasaan banget deh sukanya kayak gitu.

“Pulang sekarang aja deh yuk!” ajak Mas Rizki yang udah beranjak duluan. Disusul Windi, Ian, dan gue. “Kamu pulang naik apa, Dek?” tanyanya ke gue.

“Ooh, saya bareng sama dia,” kata gue sambil nunjuk Ian sangsi. Takut digampol Ian gue kalo ngomong yang aneh-aneh, yang bisa nimbulin gosip gitu.

Mas Rizki ini langsung agak gak percaya gitu mukanya. Mungkin dia syok kalik ya soalnya mana mungkin deh Ian bisa nganter cewek secantik dan semanis gue.

“Ceweknya ini, Mas.” Lah, nih si Windi malah ngejelasin hal yang belum pasti gini deh. Gue aja bukan ceweknya Ian walau dia udah nyatain perasaannya ke gue. Kita gak pacaran kok.

“Weh, masaa? Yan, pinter ya lo nyarinya. Gue juga cariin napa deh, Yan? Yang manis juga lah!”

Gilaaaa gak sih? Kok gue ngerasa pengen gampar ini cowok deh? Gatau kenapa sih, gue merasa tersingging (tersinggung maksudnya) sama ucapannya barusan.

Ian malah diem aja lagi! Bales napa, Yan! Ini cewek lo lagi ngerasa dilecehkan kalik-_ lo malah diem aja, Yan.

“Yuk, La!”

Gue langsung ngangguk dan ngedeket ke Ian.

“Mas, Win, gue duluan ye!”

“Oi, ti-ati.”

“Ati-ati, bawa cewek lo!”

Gue senyum sambil pamitan, “duluan ya, Win ,Mas.”

Lalu gue jalan di belakang Ian. Gue suka aja gitu ngeliat punggungnya hehe. Tiba-tiba Ian noleh ke belakang dengan tatapan mau mastiin kalo gue gak ketinggalan. Kemudian gue pun ngelangkah lebih lebar supaya bisa mensejajari Ian.

“Richeese masih buka gak, ya?” tanya Ian dengan nada berkode. Beberapa hari lalu gue bilang ke Ian pengen ke Richeese, tapi belom sempat ke sana. Jadi dia mikirnya, mumpung keluar nih, sekalian aja apa gimana.

“Udah malem loh, kapan-kapan aja kalik.”

Ian mengangguk. “Iya ya, udah malem.”

“Ngantuk banget aku, Yan.”

Ian senyum tipis sambil mandangin wajah gue lamat-lamat. “Pulang, ya.”

Gue ngangguk nurut. Tiba di parkiran, Ian nyodorin helm gue lalu kita naik motor menuju rumah gue. Di jalan, kita ngobrolin beberapa hal. Salah satunya, Ian ngajakin gue nonton pentas teater SMA kita dan SMA lain pada Sabtu besok. Dalam sehari, dua teater. Hm..

“Selesainya jam berapa tuh? Kemaleman gak?”

“Hm.. sekolah kita mulai jam tujuh malem dan selesainya jam delapan. Terus SMA 6, jam delapan kayaknya mulai.”

“Hm.. ya bisalah. Kita mau nonton dua-duanya? Ya gapapa deh, ayok-ayok aja.”

“Okee.”

“Asal izin sama ayahku.”

“Iya, siap.”

Begitu nyampe rumah, Ian pamitan sama papah, rasanya gue pengen banget ngefoto dia! Mukanyeeee, kayak abis ketemu singa aja deh. Ketakutan gitu. Hehehe. Tapi Ian gak ada kapok-kapoknya. Dia malah ngajakin gue keluar lagi besok Jumat.

“Jumat, ikut aku nobar, ya.”

“Dimanaaa?” astagaaaa.

“Nanti aku kabarin. Sama yang lain juga.”

“Kenapaa?”

“Ya, masa cuma berdua?”

Gue masang wajah cemberut, dan Ian langsung paham.

“Ya udah, berdua ajaa.”

Gue langsung senyum. Hehew.

“Mau kan?”

“Asal izin sama ayahku aja sih.”

“Iyaaaa.”

====

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Limitlove | 02. Frouseago"

Post a Comment